Rabu, 24 Juli 2013

Penyuluhan Agropastoral

Penyuluhan Konsep Agropastoral

       Penyuluhan konsep agropastoral  ini merupakan salah satu program Tema yang dilakukan oleh Tim KKN-PPM UGM 2013. Penyuluhan konsep agropastoral bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan petani dan peternak secara berkelanjutan dalam jangka panjang dan mempertahankan lingkungan (ekosistem) yang seimbang dengan mengelola sistem pertanian yang berintegrasi antara pertanian tanaman pangan, pastura, perikanan dan peternakan. Penyuluhan konsep agropastoral ini dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Juli 2013 pukul 13.00 s/d selesai. Penyuluhan konsep agropastoral ini dilaksanakan di Balai RW 28 yang diikuti oleh para peternak, pertanian dan perikanan dengan sebagai pembicara yaitu ibu Nafiatul Umami SPt., MP., Ph.D selaku dosen  Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada.
           Sistem Agropastoral pada dasarnya merupakan suatu sistem pengelolaan lahan untuk memproduksi hasil pertanian dan kehutanan secara bersamaan dan sekaligus akan dilakukan untuk memelihara hewan ternak. Pada penyuluhan konsep agropastoral ini juga dilakukan adanya simulasi pembuatan complete feed. Simulasi pembuatan ini dilakukan dengan adanya pendampingan secara khusus oleh ibu Nafiatul Umami SPt., MP., Ph.D. Pakan komplit atau complete feed merupakan salah satu teknologi formulasi pakan yang dilakukan dengan mencampur seluruh bahan pakan yang terdiri dari hijauan dan konsentrat dicampur menjadi satu. Complete feed merupakan ransum berimbang yang telah lengkap untuk memebuhi kebutuhan ternak, baik untuk pertumbuhan, perawatan jaringan maupun untuk produksi penyajian ransum ini tidak memerlukan tambahan apapun. Pemberian pakan komplit atau complete feed ini lebih praktis dan sangat menghemat tenaga kerja. 
         Pakan komplit atau complete feed disusun dari beberapa kombinasi bahan pakan ternak yang terdiri dari campuran hijauan, biji-bijian hasil samping undustri pertanian dan perkebunan, maupun hasil samping perikanan serta probiotik dan premix yang diproses secara fermentasi. Complete feed merupakan pakan lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. Pakan ini terdiri dari sumber serat, energi, protein, berbagai macam mineral, dan vitamin. Sumber serat pada complete feed ini diperoleh dari limbah pertanian ataupun perkebunan, dimana penggunaan limbah pertanian bertujuan untuk meningkatkan daya gunanya dalam proses pertanian terpadu. Fungsi dari complete feed ini adalah untuk meningkatkan Total Digestible Nutrien dari limbah pertanian, meningkatkan kapasitas pemeliharaan, efesiensi waktu dan tenaga, serta meningkatkan palatabilitas. Berikut merupakan contoh beberapa gambar dalam simulasi pembuatan complete feed


                          


                     


 



              





                                     


                                            

                                            

                                          

                                            





0 komentar :

Posting Komentar

YoWindow.com Forecast byyr.no
SUARA WARGA KALONGAN